Rabu, Oktober 24, 2012

SMK (Harusnya) Bisa



Slogan SMK Bisa merupakan slogan bagi seluruh Sekolah Menengah Kejuruan yang berada di Indonesia. Hal ini dimaksudkan agar lulusan SMK bisa memperoleh pekerjaan yang layak bahkan yang diutamakan adalah dapat mendirikan usaha sendiri atau di sebut dengan wirausaha.
Di SMK, seluruh siswa dibekali dengan keahlian khusus yang diminatinya. Semenjak awal memasuki bangku sekolah, siswa dapat memilih bidang yang diinginkan. Selama tiga tahun mereka dibekali dengan berbagai pengetahuan dan praktek mengenai suatu bidang pekerjaan. Mereka pun tetap memperoleh pembelajaran yang sama dengan siswa yang berada di SMA namun lebih diutamakan pada pembelajaran keahlian atau disebut dengan materi produktif.
Siswa SMK memang lebih banyak didominasi oleh masyarakat dengan tingkat ekonomi menengah ke bawah karena diharapkan setelah lulus SMK, apabila tidak dapat melanjutkan ke jenjang Perguruan Tinggi, mereka dapat membantu meringankan beban keluarga dengan bekerja. Penyaluran kerja di SMK pun lebih mudah dan cepat karena beberapa perusahaan telah bekerja sama dengan SMK, namun sayangnya sangat sedikit perusahaan yang mau menempatkan lulusan SMK di posisi yang tepat dan sesuai dengan keahlian yang didapatkan ketika menempuh kegiatan belajar mengajar di sekolah.
Tujuan utama SMK adalah untuk menghasilkan tamatan yang dapat bersaing di dunia kerja terutama untuk berwirausaha sendiri. Namun pada kenyataannya saat ini, lulusan SMK hanya menjadi buruh pabrik yang mengerjakan tugas-tugas yang kadang tak sesuai dengan minat mereka. Meski ada juga yang berhasil berwirausaha dengan sukses bahkan menghasilkan inovasi yang luar biasa.
Lowongan pekerjaan banyak didapatkan di lingkungan SMK, bahkan sebelum pengumuman kelulusan UN, seleksi pekerjaan telah banyak dilaksanakan oleh beberapa perusahaan yang bekerja sama dengan tiap SMK. Namun, kembali lagi bahwa perusahaan tersebut hanya mencari buruh pabrik yang nantinya akan ditempatkan di bagian produksi. Sangat jarang perusahaan yang mencari siswa SMK untuk dipekerjakan sebagai pegawai yang sesuai dengan capabilitas yang dimiliki.
Pengasahan kreativitas dan pendidikan wirausaha dirasa perlu ditambahkan pada siswa SMK untuk dapat menanamkan jiwa kreatif dan mau berwirausaha sendiri tanpa harus bergantung pada orang lain. Sehingga lulusan SMK pun Bisa bersaing di dunia kerja. Apalagi di era yang semakin maju dengan persaingan yang semakin ketat ini tanpa adanya daya saing yang tinggi, maka hanya akan menjadi pekerja suruhan yang menguras tenaga.
(Tugas Tajuk Rencana_Jurnalistik Media Cetak_30 Mei 2012_Dosen: P.Chusmeru)

Followers List

Kategori

Lirik (3) Notes (2) Puisi Absurd (12) Story (8) Tugas Kuliah (7) Video (2)